7 Tanda Kekurangan Vitamin D, Salah Satunya Rambut Rontok

Tanda kekurangan vitamin D kerap disepelekan, karena gejalanya cenderung tidak spesifik dan sulit untuk dideteksi. Kekurangan vitamin D merupakan kondisi ketika tubuh kurang mendapatkan asupan vitamin D secara cukup. Hal tersebut dapat terjadi karena kurangnya mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tersebut hingga tubuh yang jarang terpapar sinar matahari.

Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja mulai dari bayi, anak-anak, hingga orang dewasa. Meskipun umumnya kondisi ini tidak memiliki gejala spesifik, namun terdapat beberapa tanda yang umum terjadi ketika asupan zat ini kurang tercukupi. Berikut ini tanda-tandanya pada orang dewasa yang patut diwaspadai :

Kelelahan berlebih

Studi menunjukkan jika kadar vitamin D dalam darah terbilang rendah, maka tubuh dapat mudah merasa lelah sehingga berdampak pada kualitas hidup seseorang.

Luka tak kunjung sembuh

Pernah mengalami luka tak kunjung sembuh setelah cedera atau operasi? Mungkin saja hal tersebut terjadi karena kurangnya asupan nutrisi penting ini, karena kadarnya yang terlalu rendah dalam tubuh sehingga penyembuhan luka pun melambat.

Tulang keropos

Rupanya tak hanya karena kurangnya asupan kalsium, kekurangan nutrisi ini juga bisa menyebabkan pengeroposan tulang.

Nyeri tulang dan punggung

Karena berperan menjaga kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium, tak heran jika kekurangan asupan zat ini dapat berpengaruh pada nyeri tulang maupun punggung bagian bawah.

Sering sakit

Tubuh yang kerap mengalami sakit seperti flu atau pilek juga dapat menjadi salah satu tanda-tandanya.

Nyeri otot

Terdapat beberapa bukti jika kurangnya asupan vitamin D juga dapat menjadi penyebab nyeri otot pada orang dewasa dan anak-anak.

Rambut rontok

Kondisi kerontokan rambut parah tak hanya disebabkan oleh kekurangan nutrisi atau karena penyakit tertentu. Pasalnya kerontokan rambut pada wanita juga kerap dikaitkan dengan kurangnya asupan zat ini pada tubuh.

Dampaknya Bagi Tubuh

Jika kurang terpenuhi, maka tubuh pun rentan mengalami beragam permasalahan kesehatan sebut saja masalah kesehatan jantung, skizofernia, demensia, osteomalasia, hingga osteoporosis.

Itulah tanda kekurangan vitamin D yang wajib diwaspadai orang dewasa. Selain mengonsumsi makanan seperti ikan, telur, jamur, hingga sayuran, bila perlu konsumsi susu tinggi vitamin D dan kalsium seperti Ensure. Karena berasal dari kombinasi kandungan Triple Protein (soya, kasein, dan protein whey), sehingga Ensure mudah diserap serta dicerna tubuh.