Cara Mengatasi Diare dengan Obat Alami

Diare merupakan salah satu penyakit pencernaan yang banyak diderita oleh masyarakat. Diare sendiri dapat dialami oleh bayi hingga dewasa dan pada umumnya tidak berbahaya. Akan tetapi hal tersebut juga perlu diperhatikan, karena diare dapat menyebabkan dehidrasi bahkan juga kematian pada bayi. Sehingga pastikan untuk segera mengatasi diare agar tidak membuat penderitanya merasakan komplikasi penyakit lainnya saat mengalami dehidrasi. Diare sendiri dapat menyebabkan rasa tidak nyaman karena menimbulkan gejala seperti nyeri kram perut, frekuensi buang air besar yang sering, mual, nyeri kepala, haus terus-menerus, hingga demam. Bahkan dalam kasus yang parah, diare dapat menyebabkan keluarnya darah saat BAB. Oleh karena itulah akan lebih baik untuk segera mengatasi diare dengan segera untuk mencegah kondisi yang lebih berbahaya.

Cara mengatasi diare sendiri ada banyak hal yang dapat dilakukan. Seperti yang paling mudah adalah dengan mengkonsumsi obat diare yang dapat ditemukan di pasaran. Anda bisa membeli obat diare di apotik yang akan membantu mengatasi gejala diare yang dirasakan. Akan tetapi bagi ibu hamil atau anak yang mengalami diare harus sangat hati-hati untuk memilih obat yang tepat. Kondisi tersebut perlu saran dokter terlebih dahulu sehingga bisa mendapatkan obat diare yang tepat. Selain obat medis, diare juga dapat diatasi menggunakan bahan alami. Hal ini akan lebih aman dikonsumsi termasuk untuk bayi dan ibu hamil. Adapun beberapa jenis bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat diare adalah:

Oralit

Bahan pertama yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi diare adalah mengkonsumsi oralit. Apabila mengalami diare juga akan diikuti dengan dehidrasi apabila tidak diatasi dengan tepat. Sehingga hal tersebut perlu penanganan yang tepat yaitu dengan menggunakan oralit. Anda bisa mengkonsumsi oralit yang mempunyai manfaat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Oralit juga dapat dibuat dengan bahan sederhana yang mudah ditemukan di rumah seperti garam, gula, dan air. Konsumsi oralit tersebut setiap 4 hingga 6 jam sekali untuk dapat mencegah dehidrasi saat diare.

Jahe

Bahan selanjutnya yang baik untuk mengatasi diare adalah jahe. Jahe memang dikenal baik untuk kesehatan termasuk apabila mengalami gangguan kesehatan. Jahe mempunyai sifat anti radang di dalamnya. Selain itu, jahe juga mempunyai sifat anti bakteri dan anti nyeri sehingga dapat digunakan sebagai obat diare. Manfaat jahe dapat untuk menenangkan perut yang sakit dan mengalami kram saat diare. Sehingga dengan mengkonsumsi jahe hangat akan dapat mengurangi sakit perut saat diare.

Buah pisang

Saat diare Anda perlu untuk memilih jenis buah yang akan dikonsumsi. Karena walaupun buah mempunyai kandungan yang baik untuk kesehatan, tetapi buah nyatanya tidak tetap dikonsumsi saat diare. Anda bisa memilih buah yang baik saat diare yaitu pisang yang mempunyai kandungan kalium yang kaya. Kandungan tersebut akan membantu untuk mengganti cairan yang hilang saat diare. Pisang juga mempunyai kandungan pektin yang dapat membuat penyerapan cairan di usus menjadi lebih baik, sehingga membantu feses lebih padat.

Yogurt

Bahan alami terakhir yang dapat menjadi cara mengatasi diare adalah yogurt. Saat diare Anda bisa mengkonsumsi yogurt yang mempunyai kandungan probiotik tinggi. Dengan probiotik yang merupakan bakteri yang baik tersebut akan dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dan melawan kuman yang menyebabkan diare. Sehingga dengan mengkonsumsi yogurt dapat mengatasi gejala dan meredakan diare yang dialami.