Ruam Pada Bayi Eczema, Kenali Cara Menanganinya Lebih Lanjut

Sekilas Tentang Ruam pada Bayi Eczema

Ada berbagai macam ruam pada bayi termasuk juga dengan Eczema ini. Walaupun hampir semua penyakit tersebut mempunyai karakteristik dan solusi berbeda tetapi terdapat beberapa perawatan mudah di rumah yang bisa dilakukan seperti memandikan si kecil menggunakan air hangat hingga mengganti popok secara berkala.

Sekilas Tentang Ruam pada Bayi Eczema

Sekilas Tentang Ruam pada Bayi Eczema

Eczema atau atopic dermatitis merupakan salah satu jenis ruam yang bisa ditemukan pada bayi. Biasanya mempunyai unsur genetic serta menurun di dalam keluarga. Penyakit ini disebabkan karena kulit mempunyai sifat kering secara alami alias tidak disebabkan oleh produk-produk tertentu.

Kemudian kulit tersebut juga rentan terhadap allergen dan iritan dan akan menembus kulit sehingga akan menimbulkan rasa gatal dan ketidaknyamanan pada kulit mereka. Pada bayi lahir dimana mengalami ini, maka akan ditemukan ruam pada wajah, lipatan kulit di sekitar lutut, pergelangan tangan serta sikut seiring dengan perumbuhan mereka.

Tetapi jangan khawatir karena ruam pada bayi inipun tidak menimbulkan bekas luka parus. Tetapi apabila anak Anda terinfeksi gangguan ini dalam kondisi parah, tentu akan memberikan peluang bekas luka parut cukup besar.

Seiring dengan bertambahnya usia mereka, anak juga akan jarang terkena Eczema ini dan kemungkinan besar akan hilang ketika usianya sudah mencapai lima tahun. Tetapi sebagai orangtua, Anda juga perlu memahami bagaimana cara penanganan masalah satu ini.

Cara Menangani Eczema Dengan Mudah pada Bayi

Ketika serangan dari Eczema tersebut muncul pada bayi Anda maka hal yang perlu diketahui adalah memahami cara mengurangi gejalanya seperi rasa gatal-gatal tersebut. Sebab bayi tentu akan merasa tidak nyaman dan rewel ketika rasa gatal tersebut terjadi.

Berikut ini beberapa langkah yang tepat dimana bisa Anda terapkan apabila ingin mengatasi masalah Eczema tersebut.

Memandikannya Dengan Air Hangat

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memandikan si kecil menggunakan air hangat dengan suhu rata-rata 35-37 derajat celcius. Pastikan Anda tidak memandikan mereka dengan jangka waktu lama karena akan membuat kulitnya semakin kering.

Hindari Faktor Pemicunya

Bunda juga dapat mencoba untuk menghindari factor pemicu dari Eczema tersebut terjadi. Misalnya saja adalah penggunaan sabu atau produk perawatan kulit tidak cocok, keringat berlebihan atau reaksi alergi dimana dapat memicu munculnya eksim pada bayi.

Pastikan Ruam Tidak Digaruk Oleh Si Kecil

Rasa gatal dimana disebabkan oleh Eczema memang akan menimbulkan ketidaknyamanan buat buah hati Anda tersebut. Bahkan akan membuat mereka ingin terus-menerus dalam menggaruknya. Padahal dengan menggaruknya itulah dapat membuat kulit menjadi iritasi bahkan terkena infeksi. Oleh karena itulah pastikan mereka tidak menggaruknya.

Selain itu, untuk mengatasi masalah di atas pada si kecil, Anda juga bisa menggunakan sabun yang diformulasikan khusus bayi yakni La Roche-Posay. Dijamin ruam pada bayi akan segera terasi dengan baik dan si kecil akan kembali cerita.