Mengupas Tuntas Kisah Tersembunyi dari Cerita Danau Toba

Mengupas Tuntas Kisah Tersembunyi dari Cerita Danau Toba

Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata di Sumatera Utara, tepatnya di area letusan Merapi Permukiman Balige, Pangururan, Parapat. Danau Toba dikenal dengan kisah menarik yang cukup familiar, dari hal-hal mistis akan terbentuknya wisata tersebut. 

Cerita Danau Toba cukup populer bagi masyarakat Sumatera Utara khususnya, bahkan wisatawan luar pun cukup menyukai kisah terbentuknya destinasi ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini. 

Mengupas Tuntas Kisah Tersembunyi dari Cerita Danau Toba

Kisah Terbentuknya Danau Toba

Seperti yang Anda ketahui bahwa cerita Danau Toba memiliki kisah menarik yang cukup menakjubkan. Berdasarkan cerita masyarakat Ujung Kulon, Sumatera Utara, bahwa Danau Toba merupakan sebuah dataran kering yang ditinggali seorang lelaki bernama Toba. 

Kisah ini bermula ketika Toba sedang memancing dan memperoleh ikan emas ajaib yang kemudian berubah menjadi seorang gadis cantik jelita. Singkat cerita, dua sejoli tersebut menikah, namun terdapat sebuah janji yang dilontarkan terkait larangan sebutan anak ikan ketika kelak ada permasalahan. 

Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai seorang anak laki-laki yang bernama Samosir. Suatu ketika muncul masalah yang mana Toba secara tidak sadar membentak Samosir dan mengatakan ia merupakan anak ikan. 

Seketika itu, muncul mata air yang terus menerus keluar hingga terdapat sebuah genangan besar hingga menenggelamkan Toba. Sang istri berubah menjadi ikan dan kembali ke danau tersebut, sedangkan Samosir terselamatkan dikarenakan ia berlindung di atas bukit. 

Akses Menuju Danau Toba

Perjalanan menuju Danau Toba cukup mudah, bahkan Anda bisa mengunjunginya melalui akses darat maupun udara. Untuk akses udara terdapat beberapa pilihan, diantaranya melalui Bandara Kualanamu dan Bandara Silangit, tentunya kedua Bandara tersebut memiliki jalur yang mudah ketika menuju destinasi Danau Toba. 

Dari Bandara Kualanamu, Anda akan melewati rute Jalan Lintas Sumatera Utara menuju Tebing Tinggi, selanjutnya  menuju ke arah Parapat. Sesampainya di daerah Parapat, Anda akan menemukan lokasi Danau Toba pada kanan jalan. 

Apabila dari Bandara Silangit, Anda bisa mengambil jalur Jalan Raya Muara menuju Dolok Sanggul Siborong-borong sampai ke Simpang Tele. Setelah itu dapat Anda lanjutkan hingga ke Jalan Tele-Pangururan, sekitar 4 jam saja Anda bisa sampai di Danau Toba. 

Untuk jalur darat Anda bisa melewati Kabupaten Humbang Hasundutan, ke arah Parlilitan. Dari arah tersebut Anda bisa menikmati pemandangan Danau Toba dari atas Bukit. 

Banyak kisah menarik yang dapat Anda peroleh melalui Wonderful Indonesia, tak hanya terkait cerita Danau Toba saja. Anda bisa memperoleh informasi lainnya seperti destinasi wisata Labuan Bajo, Bali, Raja Ampat dan masih banyak lagi. 

Pastikan Anda terus mengikuti informasi terkait berbagai macam destinasi wisata maupun kisah menarik lainnya. Anda bisa mengakses langsung melalui website Indonesia.travel.