Ketahui Jenis Layanan pada Jasa Konsultan HRD

Sebuah perusahaan yang baru merintis atau sudah berjalan lama akan membutuhkan jasa konsultan hrd. Dengan bantuan dari ahli di bidang Sumber Daya Manusia ini dapat membantu mengembangkan bisnis dengan berbagai opsi pelayanan.

Seiring meningkatnya jumlah bisnis saat ini, membuat daya saing juga semakin naik. Agar dapat bersaing dengan kompetitor, maka harus mampu mengkokohkan pondasi bisnis, salah satunya memperhatikan bagian pekerja atau SDM.

Jika urusan Sumber Daya Manusia tidak dilakukan oleh ahlinya, maka hasilnya juga menjadi kurang maksimal. Dengan demikian, disarankan menggunakan jasa HR Consultant dengan memilih yang sudah berpengalaman.

Jenis Layanan Jasa Konsultan HRD

Ada banyak sekali opsi perusahaan yang menyediakan jasa Konsultan SDM dimana dapat dipilih sesuai keinginan Anda. Berikut beberapa jenis layanan yang dapat dijadikan gambaran sebelum memilih.

1. Manajemen SDM

Menjalankan sebuah usaha tentu saja tidak dapat sendiri, melainkan terdapat banyak tim dimana terdiri dari sejumlah anggota untuk mengerjakan tugas tertentu. Dalam jasa konsultasi, Anda bisa menemukan layanan manajemen SDM.

Manajemen Sumber Daya Manusia terdiri dari beberapa jenis konsultasi, meliputi:

  • Membuat Proses Bisnis
  • Membuat Visi Misi Perusahaan
  • Membuat Job Grading
  • Membuat Job Description
  • Membuat Kompetensi Karyawan
  • Membuat Salary Structure
  • Membuat SOP

2. Pelatihan dan Pengembangan

Menjadi seorang HRD pada sebuah perusahaan harus mempunyai kemampuan atau skill tertentu agar bisa melakukan tanggung jawab dengan baik. Melalui konsultasi, maka bisa memperoleh pelatihan dan pengembangan.

Pada saat pelatihan ini, klien akan mendapatkan sejumlah materi untuk meningkatkan kompetensi. Beberapa materi paling umum antara lain, Key Performance Indicator, Leadership/Kepemimpinan, serta skill komunikasi.

3. Penempatan Tenaga Kerja

Dalam sebuah perusahaan baik yang masih merintis atau sudah lama berkecimpung, tidak semua pimpinannya bisa mengerti Undang-Undang terkait bisnis dengan baik. Oleh sebab itu, Consultant HRD akan memberikan konsultasi tentang hal ini.

Mengatur bisnis tidak semudah yang dibayangkan karena semua terdapat strategi dan cara yang sudah diatur oleh pemerintah. Beberapa layanan pada sesi ini adalah penghitungan PPh 21, sistem penggajian karyawan, serta HRIS.

4. Business Coaching

Pelatihan bisnis dilakukan oleh seorang motivator atau pengusaha yang mempunyai banyak ilmu dan pengalaman. Motivasi akan diberikan kepada klien untuk memberikan dorongan atau semangat membangun usaha.

Seorang Business Coach dapat membantu memahami tujuan bisnis Anda. Selain itu, juga memfasilitasi perumusan visi misi, SOP, rencana perusahaan, serta membantu mengimplementasikan strategi rencana agar hasilnya bisa maksimal.

Menggunakan layanan konsultan HRD tentu saja membantu mengembangkan bisnis/institusi Anda semakin terarah dan sukses. Pilih layanan terbaik sesuai kebutuhan Anda di konsultanhrd.co.id yang sudah dipercaya oleh perusahaan multinasional, pusat kebudayaan asing, perguruan tinggi, dan lainnya.