Tips Bisnis Makanan agar Laris Manis, Omzet Hingga Jutaan Rupiah

Tips Bisnis Makanan agar Laris Manis

Bisnis makanan atau kuliner merupakan bisnis yang tidak ada matinya. Mengapa demikinan? Hal tersebut dikarenakan semua orang pasti membutuhkan makanan setiap harinya. Terlebih lagi di daerah-daerah wisata seperti Yogyakarta, bisnis kuliner disana sangatlah banyak dan persaingannya juga sangat ketat.

Jika anda baru ingin memulai bisnis kuliner atau makanan, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika ingin memulai bisnisnya. Jika anda tetap nekat untuk menjalankan bisnis kuliner atau makanan tanpa adanya persiapan yang matang, maka bisnis anda akan sangat sulit untuk berkembang yang menyebabkan anda akan kesulitan untuk mendapatkan pelanggan setia.

Tips Bisnis Makanan agar Laris Manis

Apa saja hal yang harus diperhatikan ketika memulai bisnis makanan?

Bisnis makanan atau kuliner adalah sebuah bisnis yang dapat anda temui dimana saja. Bahkan disepanjang jalan anda pasti akan menjumpai bisnis kuliner yang saling berdekatan. Apabila bisnis kuliner tersebut saling berdekatan, maka bisnis yang memiliki daya tarik tinggi akan mendapatkan pelanggan dan yang tidak memiliki daya tarik akan tenggelam.

Oleh karena itu sebelum memulai bisnis makanan, anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini :

1. Tentukan terlebih dahulu ide bisnis anda

Bisnis makanan atau kuliner memiliki jenis dan konsep yang berbeda-beda. Semua itu tergantung dari target market masing-masing. Ada orang memiliki ide bisnis makanan tradisional (contoh : gudeg), ada juga orang yang memiliki ide bisnis makanan kekinian 2022. Biasanya untuk ide bisnis makanan kekinian ini target marketnya adalah anak-anak muda.

2. Tentukan menu andalan

Setiap bisnis makanan pasti memiliki menu andalan masing-masing. Biasanya menu tersebut adalah yang menjadi ciri khas dari tempat tersebut. Jika menu andalan tersebut sudah dikenal dan disukai oleh pelanggan, maka anda dapat dengan bebas untuk menambah menu-menu pendukung lainnya. Asalkan menu tersebut tidak terlalu bertentangan dengan menu andalan anda.

3. Tentukan tempat yang strategis

Tempat merupakan hal yang sangat penting untuk anda perhatikan ketika anda ingin menjalankan bisnis makanan. Dengan tempat yang strategis, maka anda bisa mendapatkan pelanggan yang lebih banyak. Misalnya, menu yang anda pilih untuk usaha adalah makanan yang segar-segar (contoh : sop buah), maka anda harus mencari tempat yang memiliki cuaca cenderung panas. Jadi orang akan mampir ke bisnis anda untuk meredakan dahaga mereka.

4. Tentukan harga yang bersahabat

Harga menjadi salah satu faktor yang sangat penting bagi sebuah bisnis. Apalagi bisnis makanan. Biasanya orang-orang akan mencari tempat dengan harga yang lebih murah. Oleh karena itu, silahkan anda tentu harga dari menu-menu yang tersedia di lapak anda. Pastikan harga nya tidak terlalu mahal. Jika perlu, buatlah harga sedikit lebih murah dibandingkan saingan bisnis anda. Kemudian pasang harga tersebut di depan bisnis anda melalui banner atau spanduk.

Dengan menerapkan 4 tips diatas, usaha makanan anda bisa lebih cepat berkembang dibandingkan dengan anda asal memulai bisnis tanpa persiapan apapun. Pada dasarnya, usaha makanan sudah memiliki target pasar sendiri sendiri. Jika anda baru ingin membuka bisnis makanan, maka saya sarankan untuk membuka usaha makanan kekinian.

Pada pelaksanaannya, untuk memulai usaha makanan kekinan sedikit lebih mudah dibandingkan anda harus memulai usaha makanan tradisional. Usaha makanan kekinian jauh lebih mudah untuk dikenal oleh masyarakat, terlebih lagi pada saat ini sudah banyak sakali platform untuk promosi, Contohnya Tiktok.

Yak, itulah beberapa tips yang wajib anda coba ketika anda ingin memulai bisnis makanan. Dengan tips diatas diharapkan bisnis anda bisa berkembang lebih cepat dan dapat menghasilkan uang hingga jutaan rupiah.