Penyebab Wifi Lemot Paling Umum Terjadi dan Cara Mengatasinya

Menggunakan wifi untuk melakukan kegiatan browsing memang menjadi pilihan bagi banyak orang. Buat anda yang merupakan pengguna wifi aktif, tentu pernah bukan mengalami jaringan internet wifi yang lemot bahkan tidak bisa digunakan sama sekali. Ternyata ada banyak penyebab wifi lemot yang paling sering terjadi loh.

Kemungkinan dari wifi lemot tersebut disebabkan karena router wifi maupun dari provider yang bersangkutan ataupun masalah lainnya. Untuk mengatasi jaringan wifi yang lemot tersebut, maka harus diketahui terlebih dahulu penyebabnya. Tanpa mengetahui penyebabnya, maka anda bisa melakukan sejumlah kesalahan yang justru semakin buruk.

Penyebab wifi Lemot paling Umum

Nah, buat anda yang tidak ingin terganggu dengan koneksi internet wifi yang bermasalah, langsung saja simak beberapa penyebab wifi lemot yang paling umum terjadi.

1. Cek terlebih dahulu wifi anda

Sebelum memutuskan buat mengotak-atik bagian router wifi, akan ada baiknya untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu pada wifi anda. karena kemungkinan besar wifi lemot bisa disebabkan karena anda belum mengaktifkan jaringannya. Kemungkinan anda juga lupa untuk melakukannya. Disinilah pentingnya untuk mengecek terlebih dahulu wifi anda.

2. Kabel LAN terputus

Penyebab dari jaringan wifi yang lemot juga bisa disebabkan karena terputusnya jaringan kabel LAN. Bahkan Kabel LAN yang putus ternyata bisa menyebabkan tidak adanya koneksi internet sama sekali. Inilah mengapa sebaiknya anda menyambungkan kabel LAN dahulu dengan benar. Tetapi jika anda tidak bisa, cobalah minta bantuan pada provider bersangkutan.

3. Meletakkan Router Wifi pada lantai

Sering meletakkan router wifi di lantai? Jika demikian ini juga menjadi penyebab wifi lemot loh. Sama seperti dengan antena TV, apabila anda meletakkan router wifi di tempat yang rendah maka sinyal yang didapatkan juga tidak akan maksimal. Itulah mengapa pentingnya untuk memperhatikan letak router.

4. Letak router wifi terlalu jauh

Bukan hanya diletakkan di lantai, router wifi yang diletakkan terlalu jauh ternyata juga menjadi penyebab mengapa jaringan wifi menjadi lemot. Inilah sebabnya, taruhlah router tersebut pada tempat yang cukup strategis.

Selain penyebab diatas, jaringan internet wifi yang lemot ternyata juga bisa disebabkan karena router berada di ruangan yang tertutup. Dengan mengetahui penyebab wifi lemot diataslah, anda bisa segera mengatasi masalah anda tersebut dengan cepat.